A.
Judul
Praktikum
Pemeriksaan
dan penyetelan celah katub
B.
Tujuan
Praktikum
Setelah
mengikuti praktikum mahasiswa mampu memeriksa
dan melakukan penyetelan celah katub.
C.
Objek,
Alat, dan Bahan
1.
Obyek : Katub
atau klep Toyota Kijang 3K, 1300 CC
2.
Alat : Kunci
ring 12 dan 17, obeng minus, feeler gauge dan stetoskop
3.
Bahan : Bensin dan
majun
D.
Keselamatan
Kerja
a.
BerDo’a sebelum memulai
praktikum.
b.
Memakai pakaian praktikum
(Catelpack)
c.
Memakai sepatu.
d.
Melakukan praktikum
sesuai SOP ( Standard Operasional Prosedure )
E.
StandartOperasionalProsedure ( SOP )
Persiapan
1.
Siapkan peralatan
yang diperlukan untuk melakukan praktikum“
Pemeriksaan dan penyetelan celah katub “ seperti : Kunci ring 12 dan 17,
feeler gauge, obeng minus dan stetoskop.
2.
Lepaskan tutup
kepala silinder
3.
Apabila mesin
masih panas, tunggu beberapa saat hingga dingin. Untuk mempercepat pendinginan
mesin bisa menggunakan kipas angin elektrik.
4.
Putar puli motor
searah dengan putarannya sampai tanda TMA ( Titik Mati Atas ) pastikan silinder
pertama dan terakhir pada posisi langkah kompresi. Perhatikan tanda timing
tepat pada posisi top (0°). Langkah ini ditandai dengan bebasnya katup masuk /
hisap dan buang.
Pemeriksaan
1.
Pemeriksaan
kebebasan mekanisme katub dapat dilakukan dengan cara menggerakkan batang
penekan ( push rod ) dan rocker arm.
2.
Gerakkan push
rod memutar dan gerakkan rocker arm naik turun
3.
Katub yang dapat
di setel ditandai dengan bebasnya gerakan pada rocker arm
Penyetelan
1.
Kendurkan baut
setelan celah katub dengan kunci ring 12
2.
Lakukan
penyetelan celah katub dengan obeng minus
3.
Gunakan feeler
gauge untuk mengukur celah katub, untuk katub in / isap gunakan feeler gauge
0,20 mm dan katub buang 0,30 mm.
4.
Setel katub
hingga putaran obeng terasa berat dan feeler gauge terasa seret jika di tarik.
5.
Kencangkan
kembali baut pengikat katub
6.
Nyalakan mesin
untuk melihat apakah oli sudah naik ke camshaft dengan ditandai menetesnya oli
di camshaft.
7.
Tutup kembali
kop silinder
F.
Hasil
dan Pembahasan
Dalam
melakukan praktikum pemeriksaan dan penyetelan celah katup, diketahui mesin
menaikkan oli dari calter menuju rocker arm di dapatkan pengukuran dengan stopwatch dalam waktu 10.45 detik oli menetes di camshafts / knoken as.
G.
Saran
Lakukan
penyetelah celah katup setelah kendaraan telah menempuh jarak 10.000 – 15.000
km. Lakukan penyetelan katub secara berkala untuk memperoleh tenaga mesin yang
maksimal dan pemasukan bahan bakar ke ruang bakar dan pembuangan hasil
pembakaran sesuai dengan standartnya.
0 komentar:
Posting Komentar