Honda Smart Ecological Paint and Wall-Mounted Paint Robot System

Posted by



Teknologi ini membuat proses pengecatan menjadi lebih hemat dan berlangsung makin cepat dan tentu saja meningkatkan produktivitas. Proses pengecatan ini akan dimanfaatkan untuk pertama kalinya pada pabrik Honda di Yorii, Saitama mulai Juli 2013. Pada proses normal, setiap unit mobil harus melalui empat tahap pengecatan sebelum dirakit menjadi satu unit. Namun dengan teknologi baru, menjadi tiga. Hal tersebut dikarenakan, material baru selain bisa digunakan sebagai car dasar, juga untuk lapisan terakhir eksterior. 
Selain teknologi tersebut Honda memperkenalkan robot pengecatan dengan sistem baru. Kelebihannya bisa memangkas efisiensi pengecatan pada proses perakitan mobil. Tidak tanggung-tanggung, jumlah cat yang digunakan bisa dihemat 40 persen. Berarti juga ikut menghemat energi dan menekan emisi karbondioksida. Mengumumkan pengembangan sistem pengecatan baru yang lebih efisien dan ramah lingkungan yang diberi nama “Honda Smart Ecological Paint (Honda S.E. Paint)”. Sistem Honda Smart Ecological Paint ini  dapat mempercepat proses pengecatan dengan cara menghilangkan proses pelapisan tengah (middle coat) tanpa mengurangi kualitas akhir dari pengecatan.
Sistem pengecatan konvensional yang digunakan saat ini terdiri dari 4 proses pelapisan (4-coat / 3 bake) yang terdiri dari electrodeposit coat, middle coat, water-based coat, dan clear coat, serta memerlukan tiga kali sistem pengeringan (bake). Dalam sistem konvensional ini, menghilangkan middle coat berakibat pada terbatasnya warna yang bisa digunakan untuk pengecatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Honda mengembangkan sebuah material berdaya guna tinggi sebagai pewarna dasar yang digunakan pada proses pelapisan akhir. Material ini pun dapat menghasilkan warna apapun yang ingin digunakan dalam proses pengecatan eksterior mobil, sekaligus mengurangi proses pengecatan menjadi tiga lapis dan dua kali pengeringan.
Selain Honda Smart Ecological Paint, di waktu yang bersamaan Honda juga mengembangkan sistem pengecatan robotik baru yang diberi nama Wall-Mounted Paint Robot System. Sistem ini didukung oleh teknologi built-in quick load / quick wash paint tank yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengecatan, dan mengurangi jumlah bahan cat sebesar 40% dibandingkan proses pengecatan konvensional. Akibatnya, jumlah CO2 yang dihasilkan selama proses pengecatan pun akan berkurang sebesar 40%.
Honda baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan suatu proses cat ekologi pintar baru . Kebanyakan sistem cat konvensional yang digunakan oleh produsen mobil lain menggunakan sistem 4 tahap yang meliputi ( 1 ) mantel elektrodeposisi , ( 1 ) lapisan primer tengah , ( 1 ) berbasis air base coat dan ( 1 ) mantel jelas. Efektif Honda telah menghilangkan lapisan primer tengah dan dikombinasikan dengan base coat baru dikembangkan . Sekarang sekali panggang proses cat 4 mantel / 3 sekarang menjadi industri pertama 3 Coat / 2 proses panggang .




Wall-Mounted Paint Robot System
Dasar untuk hasil yang bersinar

Exterior Painting
Ecopaint Robot stasiun lukisan dioptimalkan untuk otomatis lapisan permukaan tubuh dari mobil termasuk bagian kecil dan terperinci lukisan. Jubah-robot seluruh rangkaian eksterior dan interior daerah dan cocok
untuk ESTA, udara dan Bubuk aplikasi. Mereka yang dapat digunakan dengan semua bahan cat, termasuk pelarut cat, yang disebabkan oleh air melukis dan bubuk cat. Generasi terbaru dari melukis dan aplikasi robot meningkatkan fleksibilitas dan keuntungan dalam Ecopaint Robot stasiun lukisan, dan menjamin tingkat tertinggi dalam kualitas dalam seluruh proses lukisan.
·         Pengurangan Booth Ukuran

Interior painting station - door

 Pada robot ditinggikan bepergian kapak peningkatan aksesibilitas untuk semua eksterior wilayah dilapisi selama lukisan dan mengizinkan lebih kecil pondok daun (mis. 4 - 4,5 m untuk khas mobil) dengan sesuai
Dengan desain ini dan openers robot yang mampu lulus yang diperlukan untuk mencapai posisi rel yang diperlukan untuk proses lukisan. Sebagai hasil booth panjang akan dikurangkan oleh hingga 2 meter, investasi dan biaya operasional yang menurun semua sementara memaksimalkan produktif kitar waktu.
·         Kurang melukis dan pelarut Kehilangan
Ecopaint Robot stasiun lukisan keluar pada bagian atas dengan singkat mereka mengubah waktu dan warna cat minimum dan pelarut kerugian. Hal ini disebabkan oleh dua fitur khusus :

  1. Pertama, aplikasi dengan peralatan hingga dua dosis pompa atau rapat canister diletakkan pada tangan robot horisontal; 
  2. Kedua, proses dan teknologi kontrol diintegrasikan dalam robot. Hasilnya adalah pengurangan dalam materi dan siklus kerugian karena waktu untuk mengubah warna.
·         Dirancang untuk instalasi cepat

Painting of add-ons

Installatione robot cat ke dalam sistem ada pondok daun ini mungkin melalui desain modular yang memfasilitasi tarik menjelang bekerja. Akhir tugas instalasi dapat diselesaikan melalui selama akhir pekan atau singkat perubahan model konversi.
·         Dirancang untuk memudahkan perawatan
Robot Lukisan dan kap openers memiliki kesamaan kinematic desain dan identik kontrol. Konsep ini memberikan pengurangan persyaratan untuk suku cadang dan pemeliharaan pelatihan.

Stasiun Ecopaint Robot lukisan memberikan pelanggan solusi tertentu berasal dari fleksibel desain modular:
§  Modular tangan robot proses integrasi memungkinkan untuk fleksibel terbukti, efisien Dürr melukis rapat dan mengubah warna sistem. Berbagai rancangan yang tersedia termasuk tradisional rapat pompa, EcoChargeD, EcoPurge ICC dan EcoPurge MCC.
§  Robot dapat diinstal dalam rangka atau rel kereta api dipasang (bepergian poros) desain.
§  Aplikasi untuk membuka robot, memegang dan menutup pintu dan teknologi.
§  Dürr konsep kontrol untuk drive semua varian robot, termasuk terpadu keselamatan PLC, keselamatan dan perangkat HMI.
Simulasi kemampuan menyeluruh yang digunakan untuk desain lukisan stasiun termasuk pertimbangan dan optimalisasi proses parameter tertentu seperti belt conveyor jenis, semprotan booth karakteristik dan persyaratan lukisan.
Dengan bantuan 3D-model mobil dari tubuh, EcoScreen 3D-onsite desain perangkat lunak komputer cat jalan dan pola semburan pada lukisan stasiun. 3D-onsite menyediakan dukungan untuk offline pemrograman jalan dan operator dimulai segera download offline modifikasi untuk produksi robot. Mengajar robot hanya diperlukan ketika berhadapan dengan bagian atau sulit untuk "denda tuning". Kontrol, keselamatan kontrol dan catu daya untuk robot yang berada di depan modular kontrol panel ke booth(s).  Visualisasi Yang EcoScreen dan operator panel berada di stasiun control panel.
Konfigurasi belt conveyor
Robot Yang Ecopaint fitur dukungan untuk kedua pelacakan dan Stop-dan-Pergi conveyor. Dalam stop-dan-pergi konfigurasi tubuh mobil yang disampaikan ke booth dan dianggap diam sementara lukisan. Untuk melacak operasi mobil tubuh yang disampaikan pada kecepatan konstan melalui spray booth untuk melukis. Stop-dan-pergi robot biasanya bergerak pada kereta api atau bepergian kapak; pelacakan dapat berupa robot pedestal dipasang (line pelacakan) atau rel kereta api dipasang (pelacakan). Generasi Baru: EcoRP Lukisan Robot
New Generation: EcoRP Painting Robots
Fleksibel dan Efisien Lukisan
Perubahan model sering memerlukan penggunaan fleksibel melukis otomatisasi untuk memenuhi tuntutan penataan kelas dunia dan menyediakan cat kualitas.
Tugas dari lukisan robot adalah memindahkan atomizer di seluruh permukaan akan dicat dengan tetap menjaga kecepatan konstan, jarak dan orientasi dari permukaan. Teknik ini memastikan cat yang homogen film.
Techinal Data
Painting Robot
EcoRP E132, EcoRP L132                         EcoRP E032, EcoRPL032
EcoRP E132, EcoRP L132                          EcoRP E032, EcoRPL032

Aplication Area (x˚)
Max. Speed (˚/s)
Aplication Area (x˚)
Max. Speed (˚/s)
Axis 1
Robot rotation
EcoRP E … ± 95
EcoRP L … ± 115
115
EcoRP E … ± 95
EcoRP L … ± 115
115
Axis 2
Vertical arm swiveling
EcoRP E … - 60 / + 110
EcoRP L … + 65 / - 105
115
EcoRP E … - 60 / + 110
EcoRP L … + 65 / - 105
115
Axis 3
Horizontal arm swiveling

+ 80 / - 75
115
+ 80 / - 75
115
Axis 4
Hand axis rotation

(total x°) ± 360
400

(total x°) ± 540
540
Axis 5
Hand axis
400
540
Axis 6
Atomizer rotation
-
-
-
700
Axis 7
Travelling axis
depending on
travelling axis lenght
see travelling
axis tabel
depending on
travelling axis lenght
see travelling
axis tabe
Load bearing capacity at hand axis

Plastic-hand axis: 7.5 kg



Double-jointed hand axis: 15 kg
Weight (kg)
Robot            approx. 570
Base             approx. 250
Carriage       approx. 140
(EcoRP E) 300 (EcoRP L)
Robot           approx. 600
Base            approx. 250
Carriage      approx. 140
(EcoRP E) 300 (EcoRP L)
Arm length (mm)
Arm 1: 1.000, 1.250
Arm 2: 1.400, 1.500
Arm 1: 1.000, 1.250
Arm 2: 1.626, 1.726
Painting area (mm)
distance: 3.052
distance: 3.278
Max. conveyor speed (mm/s)
2.000
Max. acceleration (mm/s2)
8.000
Explosion protection
ATEX category 2, 3; FM class 1 div 1
Repeat accuracy
± 0.1 mm
Load on arm 1 and arm 2
each 15 - 30 kg

Ruang Lingkup Kinerja EcoRP Lukisan Robot

Lanjutan robot konsep lukisan memberikan:
·         Lukisan robot untuk eksterior dan interior lukisan
·         Pedestal atau rel kereta api dipasang konfigurasi
·         5 - 7 melukis kapak
·         Robot senjata untuk rapat dan cat warna mengubah system
EcoCharge D, EcoPurge ICC, EcoPurge MCC
·         Berbeda lengan panjang untuk mengoptimalkan bekerja amplop berbeda untuk aplikasi
·         2 dan 3 kapak pergelangan dengan 65 mm atau 75 mm dalam diameter aman selang petunjuk ke atomizer.
·         Udara Terintegrasi dan cat laju aliran kontrol; terpadu kecepatan bel O/E konverter dan tentang tubuh pneumatik katup
Panduan Selang melalui tengah poros robot untuk mengurangi
torsional selang menekankan dan memastikan kehidupan
• maksimal selang permukaan halus untuk membersihkan secara optimal
• pemeliharaan-bebas dan ketersediaan tinggi
• Terpadu penguasaan kapak otomatis 1, 2, 3 dan bepergian
kapak
• Ledakan perlindungan melalui udara dibersihkan desain,
ATEX sesuai dengan / FM persetujuan
• ATEX / FM / UL drive kepatuhan
• gigi berlubang kotak untuk meminimalkan torsional menekankan
pada kabel
• Penggunaan aplikasi di daerah lain, misalnya pengukuran berkualitas,
nyala dari bagian plastik dan membersihkan
tubuh otomatis
Aplikasi EcoRP Robot
Pembukaan, memegang dan menutup selama Interior melukis
bersama dengan EcoRP lukisan robot EcoRP
penanganan robot yang menjalankan tugas penting dalam lukisan
stasiun: selama proses lukisan, mereka membuka, tahan dan
menutup pintu dan teknologi.
Dalam lukisan pintu interior aplikasi, Scara robot
merawat perlu penanganan tugas. Openers untuk
teknologi dan batang adalah sama dalam konstruksi untuk lukisan
robot dengan pengecualian dari akhir lengan
alat bantu servis. Yang atomizer diganti dengan alat bantu servis perlu membuka
panel.

Aplikasi dari Daerah: stop-dan-pergi serta pelacakan
operasi.
Keterangan: robot ini digunakan untuk membuka, tahan dan dekat
teknologi mesin dan trunk teknologi dengan gripper alat bantu.
Tergantung pada kebutuhan aplikasi dua atau
tiga poros pergelangan digunakan.
Aplikasi dari Daerah: stop-dan-pergi serta pelacakan
operasi.
Keterangan: pintu Ini pembuka adalah dibangun mengikuti
prinsip Scara. Kapak 1 dan 2 yang digunakan untuk horizontal
positioning, dan sumbu Z digunakan untuk posisi vertikal.
Alat bantu Yang gripper pada sumbu z biasanya adalah dalam bentuk
pengait. Aman, dapat diandalkan performa dicapai melalui
sensor yang mendaftarkan berbagai operasi
dengan demikian menghindari status penanganan kesalahan dan benturan.
Pintu pembuka diletakkan pada perjalanan poros.

Aplikasi dari Daerah: stop-dan-pergi operasi
Keterangan: pintu Ini pembuka mengikuti prinsip Scara
dengan 3 poros gerakan. Menempel ke booth
lantai.

Produk Keuntungan:
• konstruksi Modular untuk perawatan yang mudah
• Ringkas, mudah untuk membersihkan, tangguh
• konstruksi Khusus membuka alat bantu memastikan bahwa proses dapat beradaptasi,
terbaru dengan desain ramping dibangun untuk menghindari kontaminasi.
• Berbeda lengan panjang dan baut untuk memungkinkan peralatan yang dapat
disesuaikan dengan pelanggan lukisan tertentu proses
• Sama drive dan pengendali adalah digunakan untuk pintu
pembuka dan lukisan robot
• Kap pembuka robot dan lukisan serupa dalam
Konstruksi

Mobilitas untuk melukis dan Aplikasi
Robot Robot dapat dipindahkan paralel dengan menyampaikan ke arah
tubuh dalam lukisan booth menggunakan EcoRail E dan
EcoRail C bepergian kapak. Sumbu yang bepergian adalah bebas
horizontal diprogram poros gerakan untuk menambahkan
ketujuh poros ke robot.
Sumbu yang bepergian dirancang untuk memberikan Ecopaint Robot
dengan gerakan perlu untuk melukis dan kebutuhan aplikasi lain

EcoRail E
kemungkinan untuk menginstal EcoRail E bepergian poros
bukit di berbeda sesuai dengan lukisan pekerjaan tertentu - memastikan
bahwa lukisan dan aplikasi robot dipasang di
ketinggian yang optimal.
Keuntungan adalah:
• Aksesibilitas ke semua wilayah melukis
• Campur Tangan-bebas melihat di dalam stand
-stand • Pengurangan lebar buket berdasarkan buket tanpa tambahan

EcoRail C
Yang EcoRail C bepergian poros diinstal rendah di booth
dinding. Lukisan dan penanganan pada robot ini
relatif rel kereta api ini ditempatkan ke tempat-tempat tinggi di booth lantai.

Bersama
dengan kombinasi terbaik dari kedua dalam perjalanan kapak, salah satu diletakkan di atas
yang lain, yang memungkinkan untuk melukis dan penanganan
robot terjadi satu sama lain.
Cara ini booth panjang dan non-produktif siklus
meminimalkan waktu.
EcoRail E dan EcoRail C juga tersedia seperti membersihkan dinding
model.
Membersihkan dinding desain melindungi bepergian poros dari kontaminasi
dari lukisan proses (overspray) dan mengurangi
membersihkan persyaratan.

Keuntungan:
• operasional performa tinggi hingga 150.000 km
• cepat dan biaya perawatan yang efektif karena:
• dapat ditukarkan dengan komponen
• Tengah
berfluoresen pelumasan • Khusus untuk bertukar panduan linear
bantalan tanpa penyingkiran robot
• perlindungan karat Lengkap untuk setiap poros bahkan dalam
lingkungan agresif
• Perlindungan terhadap korosi dan pencemaran
komponen kontrol
• Sangat tinggi tingkat kehalusan dan mengenakan perlawanan karena penggunaan
helically mengeraskan dan tanah bevel gigi
dan panduan.

Stasiun Lukisan Ecopaint Robot
Generasi baru dari EcoRP robot lukisan
memberikan tingkat tertinggi kualitas, fleksibilitas dan
biaya efektivitas
• Lebih Tinggi produktivitas
• Pengurangan booth ukuran
• Pengurangan melukis dan pelarut kehilangan
• pendek dan instalasi unit kali
• Mudah pemeliharaan


Blog, Updated at: 1/18/2014

0 komentar:

Posting Komentar

UPM

UPM-Sempack . Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement