Pemeriksaan dan Penyetelan celah katup mobil

Posted by


A.      Judul Praktikum
Pemeriksaan dan penyetelan celah katub
B.       Tujuan Praktikum
Setelah mengikuti praktikum mahasiswa mampu memeriksa dan melakukan penyetelan celah katub.

C.      Objek, Alat, dan Bahan
1.      Obyek   : Katub atau klep Toyota Kijang 3K, 1300 CC
2.      Alat      : Kunci ring 12 dan 17, obeng minus, feeler gauge dan stetoskop
3.      Bahan   : Bensin dan majun

D.      Keselamatan Kerja
a.         BerDo’a sebelum memulai praktikum.
b.        Memakai pakaian praktikum (Catelpack)
c.         Memakai sepatu.
d.        Melakukan praktikum sesuai SOP ( Standard Operasional Prosedure )

E.     StandartOperasionalProsedure ( SOP )

Persiapan
               1.         Siapkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan praktikum“ Pemeriksaan dan penyetelan celah katub “ seperti : Kunci ring 12 dan 17, feeler gauge, obeng minus dan stetoskop.
               2.         Lepaskan tutup kepala silinder
               3.         Apabila mesin masih panas, tunggu beberapa saat hingga dingin. Untuk mempercepat pendinginan mesin bisa menggunakan kipas angin elektrik.
               4.         Putar puli motor searah dengan putarannya sampai tanda TMA ( Titik Mati Atas ) pastikan silinder pertama dan terakhir pada posisi langkah kompresi. Perhatikan tanda timing tepat pada posisi top (0°). Langkah ini ditandai dengan bebasnya katup masuk / hisap dan buang.
Pemeriksaan
1.      Pemeriksaan kebebasan mekanisme katub dapat dilakukan dengan cara menggerakkan batang penekan ( push rod ) dan rocker arm.
2.      Gerakkan push rod memutar dan gerakkan rocker arm naik turun
3.      Katub yang dapat di setel ditandai dengan bebasnya gerakan pada rocker arm
Penyetelan
1.      Kendurkan baut setelan celah katub dengan kunci ring 12
2.      Lakukan penyetelan celah katub dengan obeng minus
3.      Gunakan feeler gauge untuk mengukur celah katub, untuk katub in / isap gunakan feeler gauge 0,20 mm dan katub buang 0,30 mm.
4.      Setel katub hingga putaran obeng terasa berat dan feeler gauge terasa seret jika di tarik.
5.      Kencangkan kembali baut pengikat katub
6.      Nyalakan mesin untuk melihat apakah oli sudah naik ke camshaft dengan ditandai menetesnya oli di camshaft.
7.      Tutup kembali kop silinder
F.       Hasil dan Pembahasan
Dalam melakukan praktikum pemeriksaan dan penyetelan celah katup, diketahui mesin menaikkan oli dari calter menuju rocker arm di dapatkan pengukuran dengan stopwatch dalam waktu 10.45 detik oli menetes di camshafts / knoken as.
G.      Saran
Lakukan penyetelah celah katup setelah kendaraan telah menempuh jarak 10.000 – 15.000 km. Lakukan penyetelan katub secara berkala untuk memperoleh tenaga mesin yang maksimal dan pemasukan bahan bakar ke ruang bakar dan pembuangan hasil pembakaran sesuai dengan standartnya.


Blog, Updated at: 11/11/2013

0 komentar:

Posting Komentar

UPM

UPM-Sempack . Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement