Pemeriksaan dan pembongkaran pompa injeksi inline dengan governor

Posted by



A.    JUDUL PRAKTIKUM
Pemeriksaan dan pembongkaran pompa injeksi tipe inline dengan governor

B.     TUJUAN PRAKTIKUM
Setelah mengikuti praktikum pompa injeksi inline mahasiswa mampu membongkar, memasang kembali pompa injeksi inline dan menganalisa komponen pompa serta mampu mengetahui cara kerja dari pompa inline sesuai dengan prosedur praktikum.

1.      KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
1.      Perhatikan petunjuk keselamatan kerja praktikum
2.      Pahami langkah kerja prosedur praktikum dengan baik
3.      Gunakanlah alat sesuai dengan fungsinya
4.      Hubungi dosen praktikum apabila mengalami masalah
5.      Hindari kebiasaan bercanda ketika praktikum berlangsung
LANGKAH KERJA / SOP ( Standard Operasional Prosedure )
1.      Pembongkaran
a.       Pahami terlebih dahulu nama komponen pompa injeksi tipe inline dengan governor
b.      Lepaskan baut pada rumah penutup governor dengan menggunakan kunci ring ukuran 10
c.       Setelah baut pengunci telah dilepas, kemudian lepaskan tutup governor
d.      Lepaskan tuas penyetel
e.       Lepaskan pengunci pada tuas penyetel yang ada di dalam governor
f.       Kemudian lepaskanlah pegas start
g.      Lakukan pelepasan pada tuas antar setelah melepas pegas start 
h.      Lepaskan bantalan antar setelah melepas tuas antar
i.        Kemuduian lepaskann bobot sentrifugal
j.        Lepaskanlah ring pengunci pada gear dengan menggunakan tang snap ring setelah melepas ring pengunci, lepaskan gear pengunci
k.      Kemudian lepas gear pada governor
l.        Lepaskanlah pegas pengatur
m.    Lepaskanlah tuas pengatur
n.      Sebelum membuka komponen pada pompa inline terlebih dahulu buka tutup samping pompa
o.      Sebelum melepas plunger spring, putarlah chamsaft hingga terlihat lubang pada tappet. Kemudian pasangkan besi pengunci lubang tappet
p.      Buka felt plate plug sebelum melepas komponen pompa dan masukkan tuas penekan untuk melepas plunger spring
q.      Kemudian lepaskan komponen pompa
r.        Setelah semua komponen pompa dilepaskan, lepaskan puly pemutar chamsaft
s.       Setelah itu lepaskan chamsaft           
2.      Pemasangan Kembali
a.       Lakukan pemasangan secara berurutan sesuai dengan SOP
b.      Pasangkan chamsaft ke rumah pompa injeksi inline
c.       Pasangkan plunger spring beserta pompa inline
dKencangkan dan atur tekanan pada pompa dengan memutar tuas penekan dengan tekanan tertentu
e.       Tutup flate plate secara bergantian dan berurutan
f.        Setelah sudah terpasang, tutup kembali penutup samping pompa injeksi inline
g.      Pasangkan tuas pengatur beserta pegas antar
h.      Pasangkan kembali gear pada governor setelah itu pasangkan juga gear pengunci
i.        Setelah selesai pasang ring pengunci menggunakan tang snap ring
j.        Pasang bobot sentrifugal
k.      Pasangkan bantalan sentrifugal
l.        Pasangkan bantalan antar
m.    Kemudian pasang juga pegas start
n.      Setelah selesai pasangkan penutup governor

F.     HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian – bagian nama komponen pada governor

Keterangan :
1.     Pegas start
2.     Tuas penyetel
3.     Tuas tarik
4.     Tuas antar
5.     Pegas pengatur
6.     Pengas tambahan (idle)
7.     Tuas pengantar
8.     Bantalan antar
9.     Bobot sentrifugal
10. Tuas ayun
11.  Batang pengatur
Komponen Pompa injeksi tipe inline dengan governor



1.      Kopling penggerak Menghubungkan roda gigi timing dengan poros kam pompa injeksi
2.      Poros kam Poros kam di gerakkan oleh kecepatan mesin untuk menaik dan menurunkan penumbuk rol plunyer
3.      Katup penyalur Cara kerjanya sama dengan katup satu arah yang berisi bahan bakar bertekanan rendah didalam pipa tekanan dan  injektor
4.      Batang Pengatur Mengontrol posisi alur plunyer untuk membuka saluran bahan bakar.
5.      Nozzle Berfungsi untuk menetukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan
 mengatur tekanan penyemprotan.

G.    KESIMPULAN
Untuk jumlah pengiriman bahan bakar diatur oleh governor/sopir sesuai dengan kebutuhan mesin. Governor mengatur gerakan batang pengatur yang berkaitan dengan klem pinion pengontrol yang bebas terhadap silinder. Flens penggerak plunyer berkaitan dengan bagian bawah kontrol sleve. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari posisi plunyer dan perubahan besarnya langkah efektif.

Karakteristik Pompa injeksi inline
·         Pompa Inline memiliki beberapa plunger sesuai dengan jumlah silinder mesin.
·         Posisi plunger berdiri segaris dengan posisi mesin
·         Menggunakan sistem pelumasan dari oli mesin pada ruang camshaft, tappet, governor
·         Camshaft sebagai penggerak feedpump, timer, tappet, governor Jumlah bahan bakar ditentukan oleh langkah rack control.


Blog, Updated at: 4/14/2014

0 komentar:

Posting Komentar

UPM

UPM-Sempack . Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement